Wednesday 31 March 2010

Tips | Mengganti Font Default pada Windows | Replace Default Fonts Windows

Font standard yang digunakan pada Windows adalah Tahoma dan MS Sans Serif, font Tahoma digunakan pada Shell pada Windows Explorer, sedangkan font MS Sans Serif digunakan sebagai font default pada System Properties, Device Manager dan aplikasi lainnya. Apabila anda sudah bosan melihat tampilan font Windows yang itu-itu saja dan ingin mengganti Font Windows anda dengan Font yang baru, anda dapat melakukannya dengan cara melakukan sedikit modifikasi pada System Registry Windows.



Caranya begini :

1). Lakukan dulu backup terhadap system registry anda sebelum melakukan tips berikut, anda bisa memanfaatkan backup menggunakan System Restore Point pada Windows.


2). Selanjutnya masuk ke menu [Start] ==> [Run], kemudian ketikkan [regedt32.exe]

3). Kemudian masuklah ke subkey HKEY_LOCAL_MECHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes






4). Klik dobel pada String Value [MS Shell Dlg] untuk mengganti font default system yang sebelumnya menggunakan font Microsoft Sans Serif 5. Kemudian ganti Value datanya dengan jenis font lain yang anda inginkan, dengan catatan font tersebut sudah terinstall di Windows anda. lalu klik [OK]

6). Klik dobel pada String Value [MS Shell Dlg 2], kemudian ganti shell font yang sebelumnya menggunakan font Tahoma dengan jenis font lain sesuai dengan keinginan anda, dengan catatan font itu sudah terinstall di computer anda.


7). Setelah semuanya beres, lalu klik [OK], tutup registry editor dan Restat computer anda untuk merasakan perubahannya.


8). Sekarang System Operasi Windows anda sudah menggunakan shell font yang baru, untuk mengembalikan system anda secara manual masuklah kembali ke HKEY_LOCAL_MECHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes, kemudian kembalikan lagi Value data String Value [MS Shell Dlg] dengan font MS Sans Serif dan value data String Value [MS Shell Dlg 2] dengan font Tahoma.


Selamat mencoba...


Blogged with the Flock Browser


Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


7 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...