Friday 30 July 2010

Tips Blogger | Pasang Script Mobile Version Di Sidebar Membuat Blog Mudah Diaksess Menggunakan Handphone

Semua pemilik Blog, baik itu Blog dari Wordpress maupun Blogspot pasti ingin Blognya dapat dibuka dengan mudah dan ringan oleh pengunjung. Tak terkecuali Pengunjung Blog yang surfing di internet menggunakan Perangkat mobil seperti Handphone.

Pada sebagian besar pengunjung Blog yang menggunakan Ponsel, biasanya mereka mengeluhkan tampilan Blog yang mereka kunjungi terlalu berat atau tidak pas dengan ukuran layar Ponsel mereka, walaupun mereka sudah melakukan scroll sana-sini namun tampilan yang diharapkan tidak kunjung tiba.

Sebagai perbandingan, coba kalian lihat situs jejaring sosial semisal facebook, untuk versi computer pastinya mempunyai tampilan yang berbeda dengan versi handphone,dimana untuk versi handphone dibuat lebih ringan, fleksibel dan minimalis namun tanpa menghilangkan fungsi utamanya sebagai situs sosial, ini dibuat tentunya untuk menyesuaikan keterbatasan yang dimiliki oleh perangkat mobil semisal handphone.


Nah, untuk pengguna Blog Wordpress tentunya hal ini tidak akan menjadi problem yang berarti, tinggal install saja plugins 'MOBILE VERSION' maka Blog kamu akan segera familiar diaksess oleh perangkat mobil. Buat pengguna Blog Blogspot Plugins atau Gadget semacam ini tidak akan kamu dapatkan, namun tidak usah kecewa dulu, ada jalan keluarnya kok. Kamu tinggal memasang sebuah script khusus yang dibuat oleh Bloggertouch di sidebar Blog, maka pengunjung yang mengakses blog kita menggunakan perangkat mobile/handphone/opera Mini akan secara otomatis terdirect ke tampilan yang jauh lebih simple (mobile version) dan memudahkan pengunjung dalam membaca isi konten blog kita.



Untuk mendapatkan script mobile version ini kamu terlebih dahulu mesti mendaftarkan Blog kamu ke situs http://bloggertouch.sopili.net dan setelah itu segera pasang script yang diberikan di sidebar Blog.

Nah buat mudahnya ikuti langkah-langkah berikut :

1). Arahkan Browser kamu ke alamat http://bloggertouch.sopili.net, setelah halaman situsnya terbuka masukkan alamat Blog kamu di kolom yang sudah disediakan, untuk Blog blogspot yang sudah berganti domain, klik pada tulisan 'Custom Domains', kemudian klik GO





2). Pada langkah kedua ini, kamu diharuskan memberikan ID pada Blog yang kamu daftarkan. Masukkan kata ID yang kamu inginkan ( sembarang kata ) atau gunakan saja nama Blog kamu biar lebih mudah mengingatnya lalu klik NEXT






3). Pada jendela ketiga yang muncul, kamu akan diberikan sebuah script Mobile Version, sesuai dengan Blog yang kamu daftarkan tadi, copy paste Script tersebut dan segera pasang di sidebar Blog kamu (ADD GADGET --> ADD HTML). Jangan lupa setel pengaturan Feeds Blog kamu ke posisi Full, jika belum klik saja pada tulisan 'Site Feeds' yang disediakan. setelah semuanya beres, kemudian klik pada tombol NEXT.






4). Sekarang kamu akan dihadapkan pada jendela 'Verification', klik pada tombol Verification, jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan (termasuk memasang sidebar sudah beres)

MoneyBux - Trusted PTC site




5). Selamat, Blog kamu sudah berhasil memasang script Mobile Version, dengan munculnya jendela baru yang memuat informasi tentang Blog kamu. Sekarang Blog kamu sudah Dapat diaksess dengan mulus menggunakan perangkat Mobil.

Sedikit catatan yang perlu diperhatikan, menggunakan script Mobile Version ini kemungkinan pengunjung murni ke blog kita akan berkurang, karena kalau pengunjung yang mengakses blog kita menggunakan perangkat mobil, akan secara otomatis terdirect ke situsnya 'Blogger touch' namun saya belum tahu apakah itu berpengaruh atau tidak terhadap peringkat blog kita karena di dalam google webmaster sendiri sudah terdapat CHTML Mobile, WML/XHTML mobile blog, yang artinya ini sah dan diakui keberadaannya oleh Om Google.





Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


16 komentar:

suranegara said...

duh, becik sajan niki tips ne... coba mau neh..

suranegara said...

Tiang ring Panjer- Btng hari niki bli... :)
salam kenal nggih..

blognya anak gaptek said...

kunjungan rutin






informasi yang sangat bermanfaat..


semoga semakin banyak blogger lain yang tahu..

Wayan Armana said...

Blog Ini Beraliran Do Follow, Berkomentar Di Blog Ini, Berarti Anda Telah Mendapatkan Bonus Backlink, Semoga Cepat Terindeks Oleh Om Google!

Gee Noferi said...

thx bgt infonya bro..:-*

make money online said...

Matur suwon infonya. Dunia ada di genggaman. HP maksutnya .heee

Unknown said...

sangat menarik , makasih dah berbagi informasi dan tipsnya,

Willy said...

waduh, bloggertouchnya di tarok di footer ya,
maaf, sekedar ngasih saran, kalo bisa tarok agak ke atas, supaya pas buka dari hp gak berat, jadi yang duluan di load blogger touchnya, tapi smua tergantung yang punya blog sih, mau di letakkan dimana aja, tergantung selera,
cuma ngasi saran :)
visit blog gw ya ww-tikus.blogspot.com
maaf ngiklan

wheelchairs said...

Wow i love you blog its awesome nice colors you must have did hard work on your blog. Keep up the good work. Thanks

Ilham said...

Nice info nih,,

Mampir2 ke blog ane
http://volkavolka.blogspot.com

Ilham said...

Mampir ke blog ane gan
http://volkavolka.blogspot.com

Nikmaya John said...

Mkasih sob,,, sangt bermanfaat artikelnya,,,

bunga papan gombong said...

Saya praktekan dulu, terimakasih

Manish Batra said...

Hey, very nice site. I came across this on Google, and I am stoked that I did. I will definitely be coming back here more often. Wish I could add to the conversation and bring a bit more to the table, but am just taking in as much info as I can at the moment. Thanks for sharing.
Side Wheel Attachment For Activa
Keep Posting:)

Manish Batra said...

Wow, what a great site, all of the posts are so informative for people with disabilities. I liked it! I also have a blog/site about that covers wheelchair related stuff. Please feel free to visit. Thanks for sharing.
Walker
Arai Certificate Side Wheels
Keep Posting:)

xccc said...

Hence this is beneficial for buying twitter followers as a shortcut to become popular. buy twitter followers

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...