Monday 29 March 2010

Tips | Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable Dengan Bantuan Universal Extractor dan Winrar

Selain menggunakan bantuan aplikasi Portable App Creator, anda juga dapat menciptakan aplikasi portable dengan bantuan aplikasi Universal Extractor dan Winrar. Untuk aplikasi Universal Extractor memang bersifat freeware dan dapat anda unduh dengan gratis Disini! Namun untuk aplikasi Winrar adalah termasuk aplikasi yang berbayar, akan tetapi anda dapat mengunduh versi versi trialnya Disini!

Untuk aplikasi yang hendak anda jadikan Portable harus berupa file installer Windows yang berekstensi EXE dan bukan program yang telah ter-install di computer anda. Satu keuntungan bagi anda membuat aplikasi menggunakan Universal Extractor dan Winrar adalah aplikasi portable yang dihasilkan hanya terdiri dari satu file saja yang berekstensi EXE, sehingga memudahkan bagi anda untuk menyimpan dan menggunakan setiap saat.



Begini caranya membuat aplikasi Portable dengan bantuan aplikasi Universal Extracto dan Winrar :

1). Setelah anda berhasil mengunduh kedua aplikasi di atas, kemudian install di computer anda, ikuti semua petunjuknya langkah demi langkah hingga dinyatakan sukses.


2). Siapkan program dalam bentuk file installer yang berekstensi EXE, yang akan anda jadikan aplikasi Portable. Simpan dalam folder tersendiri di dalam harddisk computer anda agar mudah menemukannya kembali. Disini saya menggunakan file installer dari Mozilla Firefox yang berekstensi EXE sebagai contoh.

3
). Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada file installer yang sudah anda siapkan tadi, lalu pilih [ UniExtract To Subdir ], silakan tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi dinyatakan selesai yang ditunjukkan dengan munculnya boks Command Prompt.

4). Jika sebelumnya muncul jendela konfirmasi yang berisi berbagai pilihan mode Ekstrasi, pilih opsi paling atas, kemudian klik [ OK ], maka hasil yang didapat setelah proses ekstrasi adalah sebuah folder dengan nama yang sama dengan file installer yang anda ingin jadikan portable. Jika tidak langsung saja ke langkah no.5

5
). Buka folder hasil ekstrasi yang sudah anda dapatkan tadi , kemudian carilah file yang berberekstensi EXE. Pada Folder Mozilla file itu bernama Firefox.EXE yang terletak pada folder [ Nonlocalized ], setelah ketemu pilih semua isi folder tersebut dengan cara menekan tombol keyboard [ Crtl + A ], lalu klik kanan mouse anda dan pilih [ Add To Archive... ] untuk meng-kompresi data dengan aplikasi Winrar.







6). Pada jendela Winrar yang muncul isikan nama file portable yang akan anda buat di kolom [ Archive Name ], kemudian berikan tanda centang pada [ Create SFX Archive ], pada menu [ Compression Method ] pilih [ Best ], kemudian klik pada pilihan [ Advance ] lanjutkan dengan klik pada tombol [SFX Option...]

7
). Langkah selanjutnya pada Tap [ General ], isi pada boks [ Run After Extraction ] dengan nama file berekstensi EXE yang anda dapatkan tadi pada langkah 5 yaitu [ lihat di folder hasil ekstrasi ], disini saya menggunakan file Firefox.exe.







8). Kemudian klik pada tab [ Modes ], lalu pilih [ Unfack To Temporary Folder ], klik pada [ Hide All ], pada [ Silent Mode ] dan pilih [ Overwrite All Files ] pada [ Overwrite Mode ], lalu klik [ OK ], klik [ OK ] lagi sekali boks [Dialog Archive Name And Parameter , selanjutkanya silakan tunggu beberapa saat hingga prosessnya selesai.



9
). Setelah langkah di atas selesai, maka di folder yang anda kelola tadi akan muncul file baru yang berekstensi EXE, dengan nama yang sesuai dengan yang telah anda masukkan pada langkah 6.

10
). Sekarang aplikasi anda sudah menjadi aplikasi Portable dan hanya menjadi satu file saja yang berekstensi EXE, tinggal masukkan saja ke dalam USB Flash Disk kesayangan anda dan siap melayani anda kemanapun anda pergi.



Informasi:
Download :
Download : Universal Extractor 1.6 [ 4.98 MB ]
Download : Winrar
Blogged with the Flock
Browser


Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


10 komentar:

dwi said...

nice tips bro, keep blogging

Anonymous said...

qm cewe ap cwo ya..??

tolong kasih toturial,, step by step dong g`mn cranya bikin blog muter2 di browser,, kya web qm ni,,

thx..

viksana said...

Menarik infonya gan....patut di coba...thnks

Kl ada waktu silahkan mampir ke..

http://fullydownloadzer.blogspot.com/

revans boy said...

Tanamlah sebatang pohon cinta
yang berdaun kesetian
berbunga ketulusan
berakar kejujuran
siramilah dengan kasih & sayang
pupuklah dengan kepercayaan
cinta bukanlah matematika yang bisa di hitung
cinta bukanlah PPKN yang selalu di atur oleh pasal
cinta bukanlah ekonomi yang kadang untung dan rugi
tanpa cinta kita takan menjadi seperti ini

cara membuat radio streaming murah said...

wah... sepertinya mirip mirip radio streaming getoo ya.. mungkin kalau digabungkan implikasinya akan top nih.

thanks infonya, saya bookmark ya...

toko bunga banjarnegara said...

sangat bermanfaat artikelnya, segera dicoba

ilawati Pristiani said...

Terimakasih atas info cara membuat aplikasi portablenya ya, menambah pengetahuan saya dibidang ini..

Aussie said...

makasih buat infonya

obat pencegah kanker said...

terimakasih, cara membuat aplikasi portablenya mantap...

ayo klik said...

Info yang sangat menarik, sangat berguna sekali, blog anda juga menarik, terimakasih banyak, sukses selalu buat anda!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...