Tuesday, 1 June 2010

Mengamankan Setingan Internet Options Pada IE dari Tangan-Tangan Jahil

Internet Explorer adalah Browser internet bawaan Windows dan termasuk salah satu Browser laris yang banyak digunakan untuk berselancar di dunia maya. Banyak sekali fitur-fitur ampuh yang dimiliki oleh Browser ini, termasuk fitur-fitur security yang dapat disetting manual oleh masing-masing user.

Sebagai contoh ketika kamu meng-klik pada tombol [Start] ==> [Control Panel] ==> [Network and Internet Connections] ==> [Internet Options]. Pada jendela Internet Properties yang muncul, terdapat berbagai opsi untuk mengoptimalkan kualitas Internet Explorer. Misalnya saja pada tab [Connection], di sana kamu dapat mengatur proxy setting dari koneksi yang sedang digunakan. Pada tab [Security], kamu bisa mengatur fitur-fitur apa saja yang bisa diakses dan yang tidak dapat diakses browser, untuk meningkatkan keamanan.

sekurity ie



Pada Internet Properties ini kamu juga dimampukan untuk mengatur homepage, cache, history, setting tampilan browser, dan cookie yang berkaitan dengan privacy kamu. Jika seluruh bagian dari setting tersebut telah kamu atur dengan optimal, alangkah sayang rasanya bila kamu membiarkannya tetap muncul di Control Panel, karena user lain di komputer kamu akan dapat mengubah-ubah setting yang telah kamu buat tersebut. Akan lebih baik jika kamu menguncinya, agar tab tadi tidak lagi muncul dan tidak bisa diutak-atik oleh user lainnya.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat diterapkan pada Windows XP dan Windows Vista :

1). Jalankan aplikasi pengedit policy, Group Policy, dengan cara mengklik [Start] ==> [Run…] kemudian ketik gpedit.msc.

2). Masuklah ke folder Local Computer Policy\User Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Internet Explorer\Internet Control Panel.

3). Di bagian kanan jendela Group Policy terdapat tujuh setting yaitu :

- Disable the General page,
- Disable the Security page,
- Disable the Content page,
- Disable the Connections page,
- Disable the Programs page,
- Disable the Privacy page dan
- Disable the Advanced page.


Sesuai dengan namanya, ketujuh setting ini berfungsi untuk mematikan tab [General], [Security], [Content], [Connections], [Programs], [Privacy], dan [Advanced] yang berada di Internet Options. Tentukan tab mana yang ingin kamu sembunyikan dengan mengklik ganda setting yang kamu inginkan.

4). Klik radio button [Enabled], kemudian klik [OK].

5). Ulangi langkah 3 dan 4 untuk menonaktifkan tab lainnya.

6). Kemudian tutup jendela Group Policy. Jika suatu saat kamu ingin memunculkan kembali tab yang telah disembunyikan, masuk saja kembali ke Group Policy kemudian pilih opsi [Disabled] atau [Not Configured] dari setting yang ingin kamu aktifkan kembali. Sedikit tips tambahan, kamu bisa melihat apakah setting di atas dalam keadaan enable atau disable melalui kolom State yang terdapat dibagian kanan kolom Setting.





Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


2 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment