Sunday 27 June 2010

Tingkatkan Performa Computer Dengan Aplikasi StartUp Manager

Aplikasi yang bekerja pada saat pertama kali Windows Dijalankan biasa disebut sebagai startUp Program, pada saat default Sistem operasi Windows memang banyak menjalankan program pada saat pertama kali bekerja, namun program-program ini merupakan bagian dari sistem operasi windows itu sendiri untuk dapat bekerja dan digunakan serta program-program startUp ini biasanya tidak bisa dimatikan (Disable), karena merupakan bagian dari Sistem Operasi itu sendiri.

Namun saat ini banyak aplikasi-aplikasi thirdParty, seperti misalnya Nero, ACDSee, Antivirus dan lain sebagainya, juga menyertakan startUp program di dalamnya. Dimana kadangkala startUp program ini tidak begitu penting bagi user (kecuali antivirus mungkin diperlukan), malahan membebani kinerja dari sistem Operasi, sehingga menjadikan Sistem operasi menjadi lebih berat dan loading-nya lebih lambat. Untuk mengatasi hal ini, kamu masih dimungkinkan untuk mematikan (Disable) program-program startUp ini dengan mudah tanpa mempengaruhi fungsi dan kerja aplikasi induknya yang telah ter-install di computer.

Secara default sistem operasi windows sebenarnya sudah menyediakan fasilitas atau aplikasi untuk memanajemen program-program startUp ini, aplikasi itu bernama Microsoft System Configuration (MSConfig). Aplikasi ini dapat kamu jalankan dengan cara : Masuk ke menu (Start) ==> (Run) ==> lalu ketik (MSConfig). Pada pilihan Tab MSConfig pilih Tab (StartUp). Disini kamu dapat mematikan atau Disable program-program yang tidak diperlukan dengan cara menghilangkan tanda contreng pada program yang ingin di matikan lalu klik (OK).

Aplikasi MSConfig milik Windows ini, oleh sebagian user dianggap kurang lengkap dan kurang praktis, dimana kita, terutama sebagian user yang masih awam tidak akan mendapatkan informasi yang lengkap dari program-program startUp yang akan kita eksekusi. Tentunya informasi ini sangat berguna guna mencegah kesalahan men-disable program di list aplikasi. User biasanya lebih memilih aplikasi StartUp manager dari pihak ketiga (thirdParty), dimana aplikasi yang ditawarkan ada yang bersifat All in one aplikasi. Selain sebagai aplikasi StartUp manager, aplikasi ini juga mempunyai fitur registry cleaner, temporary file cleaner, Uninstaller dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi StartUp manager thirdParty ini juga sangat mudah digunakan, mempunyai tampilan interface yang userfreindly dan sebagian dari mereka bersifat Portable (Standalone applicaton).

Nah, ini dia..Saya turut bagikan 4 (Empat) aplikasi StartUp manager, yang mempunyai fitur sangat keren serta gratisan. Aplikasi ini dapat kamu coba dan silahkan bandingkan fitur dan kemampuannya dengan aplikasi MSConfig bawaan Windows.

1). Autoruns
Aplikasi ini bersifat Portable, jadi kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu instalasi di computer. Dalam paketnya aplikasi dikemas dalam format .zip. Lakukan ekstraksi dulu file yang bernama Autoruns.zip di harddisk computer, kemudian jalankan file yang bernama autoruns.exe. Pada jendela aplikasi ini kamu akan diperlihatkan semua program StartUp, Drivers, Codecs dan sebagainya yang sedang dan selau aktif di computer kamu, disertai dengan lokasi masing-masing program di sistem Windows.




Aplikasi ini dibagi menjadi 18 Tab yang berbeda. yakni :

1. Everthing
2. Logon
3. Explorer
4. Internet Explorer
5. Scheduled Tasks
6. Service
7. Drivers
8. Codecs
9. Boot Execute
10. AppInit
11. KnownDLLs
12. WinLogon
13. Winshock Providers
14. Print Monitors
15. LSA Providers
16. Network Providers
17. Sidebar Gadgets
18. Image Hijacks

Untuk mematikan program-program yang tidak diperlukan, kamu dapat memilih salah satu Tab yang diinginkan, misalnya pilih Tab Sevice, maka akan ditampilkan semua program yang ada di Service ini beserta lokasinya, kemudian hilangkan tanda contreng di boks yang disediakan, maka program ini akan di-disable.

Informasi :
Nama : Autoruns V9.57
Size : 581 KB
Website : http://www.sysinternals.com/
Download : Autoruns V9.57
OS : Windows XP/ Vista/ 7

2). StartupCPL ( StartUp Control Panel)
Aplikasi StartupCPL juga termasuk aplikasi StartUp Manager Portabel, namun mempunyai tampilan GUI yang sangat sederhana dan sangat mudah difahami. Aplikasi ini akan membagi program-program startUp yang ada di Sistem Computer menurut lokasinya di System Registry Windows.




Dimana aplikasi StartupCPL, terdiri dari 7 Tab yang berbeda. Yakni :

1. HKCU/Run
2. Run Once
4. Deleted
5. About
5. StartUp (User)
6. StartUp (Common)
7. HKLM/Run

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu tinggal memilih lokasi StartUp Program yang ingin dimatikan, kemudian hilangkan tanda contreng yang ada di masing-masing aplikasi yang ingin di-disable.

Informasi :
Nama : StartUp Control Panel 2.8
Size : 34 KB
Website : http://www.mlin.net/
Download : StartUp Control Panel 2.8
OS : Windows XP/ Vista/ 7

3).StartUp Delayer
Aplikasi StartUp Delayer mempunyai tampilan interface yang paling sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis di atas. StartUp Delayer memang dirancang khusus sebagai aplikasi StartUp manager, karena dari tampilan yang kita lihat, kita hanya dapat melihat satu jendela untuk memanajemen StartUp program saja, tanpa adanya tab-tab tambahan seperti aplikasi lainnya. Namun jangan salah, justru aplikasi ini paling mudah digunakan untuk memanajen semua startUp program di Windows, selain dapat mematikan service program-program yang tidak diinginkan ,aplikasi ini juga dapat menghapus secara permanen lokasi StartUp program tersebut di dalam registry computer.




Kamu juga dimungkinkan untuk membuat StartUp program sendiri dari menu Add A Program (+),serta mengedit program StartUp yang sudah ada, dari menu Edit The Selected Program ( Gambar pensil). Semua StartUp program dari semua user dapat kamu tampilkan dalam satu jendela termasuk milik Administrator.

Informasi :
Nama : StartUp Delayer v2.5
Size : 980 KB
Website : http://www.r2.com.au/
Download : StartUp Delayer v2.5
OS : Windows XP/ Vista/ 7

4). CCleaner
Mungkin aplikasi Utility All in One ini paling banyak digunakan oleh user computer. Memang tidak salah, selain gratis aplikasi ini mempunyai fitur-fitur yang sangat keren, selain dapat difungsikan sebagai StartUp Manager, CCleaner juga mempunyai fitur-fitur lainnya yang juga dahsyat, yakni :



1. Cleaner

Yang berfungsi untuk men-scan dan kemudian menghapus file-file sampah, junk file, temporary file, internet history, cookies, dan lain sebagainya dari harddisk computer.
2. Registry
Aplikasi juga mempunyai kemampuan membersihkan Sistem computer terutama sistem Registry Windows dari Registry yang sudah tidak diperlukan, kemudian kamu dapat menghapusnya dengan aman.
3. Tools
Di Tab Tool ini kamu dapat menemukan fitur StartUp Manager yang dapat kamu fungsikan untuk men-Disable Program-program startUp yang tidak digunakan. caranya juga sangat mudah, kamu tinggal menghilangkan tanda contreng dari daftar program yang diinginkan, maka program itu langsung dimatikan oleh aplikasi ini. Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah Uninstall software, yakni fitur mirip Add And Remove Programs Yang dimiliki oleh Windows yang berfungsi untuk meng-uninstall software yang sudah tidak diinginkan dari computer.

Informasi :
Nama : Piriform Cleaner 2.27
Size : 3.2 MB
Website : http://www.ccleaner.com/
Download : Piriform Cleaner 2.27
OS : Windows XP/ Vista/ 7

Dengan memanajemen Sistem StartUp Windows dengan baik, serta mematikan service yang tidak diperlukan, maka secara otomatis performa computer kamu akan meningkat karenanya, terutama saat Windows pertama kali dihidupkan, loadingnya akan menjadi lebih cepat.

Nah, dari sekian aplikasi StartUp manager yang saya sebutkan diatas yang merupakan aplikasi populer saya pribadi adalah CCleaner, karena memiliki fitur all in one application dengan kemampuan yang sangat powerfull, serta gratis untuk digunakan selamanya. Sekarang terserah penilaian kamu, mungkin saja aplikasi StartUp manager yang lainnya lebih kena dihati. Salam.


Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


4 komentar:

Valentines Day Flowers said...

Great article. you writen a very informative and helpful tips. I also read you other post and also M coming back soon for more informative and attractive post's.

Search Craigslist said...

Nice blog here! Also your website loads up fast! What host are you using? I wish my website loaded up as fast as yours lol.

Virgo characteristics said...

You know, I have to tell you, I really enjoy this blog and the insight from everyone who participates. I find it to be refreshing and very informative. I wish there were more blogs like it.

Psychotherapist said...

Your website looks like getting more traffic thanks to sites such as Facebook and other social sites. Thanks again for the awesome post I’ll be back for more.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...