Monday 12 July 2010

RecentFilesView | Organisir Recent Files Dengan Baik Demi Keamanan Privasi Anda

Setiap kali kita membuka sebuah file dari Windows explorer ataupun melalui membukanya melalui open/save dialog box pada aplikasi tertentu, maka nama file tersebut akan secara otomatis akan tersimpan di dalam sistem windows dengan nama Recent Files. Memang sih untuk beberapa user daftar recent file ini cukup berguna bagi mereka, dimana mereka akan dapat dengan mudah untuk mengakses atau mendapatkan kembali file-file tersebut untuk kesekian kalinya dan biasanya di dalam Windows mereka dapat mengaksesnya dengan cepat melalui Menu Start ==> Recent Documents.

Semua file yang ada di folder Recent document memang bertujuan memudahkan bagi user untuk dapat menemukan file yang telah dibuka dengan cepat, namun di sisi lain keberadaan Recent Document ini justru dapat merugikan privasi user bersangkutan, jika ada orang lain yang melihatnya. Terutama untuk user yang menggunakan satu computer yang juga digunakan oleh user lainnya.




Recent Document ini sebenarnya disimpan di dalam 2 tempat yang berbeda di dalam sistem Windows, yakni :


1). Recent Folder
Yang berlokasi di C:\Documents and Settings\[nama user]\Recent dan untuk pengguna Windows Vista biasanya terletak di C:\Users\[user name]\AppData\Roaming\Microsoft\Windows


2). Registry
Yang berlokasi di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\ComDlg32\OpenSaveMRU



Nah, buat lebih mudahnya mengorganisir semua file Recent document di dalam 2 tempat yang berbeda seperti yang disebutkan di atas, alangkah bagusnya jika kamu memanfaatkan aplikasi khusus untuk ini, yakni RecentFilesView. Aplikasi ini akan menampilkan semua file yang telah dibaca/dibuka sekaligus meletakkannya dalam satu daftar di jendela utamanya. Dengan aplikasi RecentFilesView kamu juga dimampukan untuk menyeleksi dan sekaligus menghapus file recent yang bersifat privasi tanpa harus bolak balik masuk ke menu Windows.

Selain itu, aplikasi RecentFilesView juga mampu menyimpan daftar file tersebut dalam bentuk file teks, HTML dan XML. Fasilitas untuk mengakses dan membuka file Recent secara langsung dari jendela aplikasi RecentFilesView juga dapat kamu lakukan dengan mudah, hanya dengan dobel klik pada file yang diinginkan maka secara otomatis file itu akan terbuka. Satu lagi informasi penting yang perlu saya sampaikan, aplikasi RecentFilesView adalah jenis aplikasi yang portable, jadi untuk menggunakannya tak perlu instalasi di computer, jalankan saja langsung dari harddisk atau Flash Disk, gampang bukan?.

Publisher Visit Site Here!
Each time that you open a file from Windows Explorer or from a standard open/save dialog-box, the name of the file that you opened is recorded by the operating system. Some of the names are saved into the 'Recent' folder. Other are saved into the Registry.
This utility display the list of all recently opened files, and allows you to delete unwanted filename entries. You can also save the files list into text/html/xml file.

Informasi :

Nama : RecentFilesView v1.10
Size : 37 KB
Website : http://www.nirsoft.net
Download : RecentFilesView v1.10
Download : RecentFilesView v1.10
OS : Windows 98/ ME /2000/ XP/ 2003/ Vista



Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


2 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...