Thursday 15 April 2010

Tips | Mempercepat Kinerja Windows XP Yang Mulai Loyo

Menggunakan computer yang telah berumur lama dan mulai bermasalah, pastinya akan membuat anda menjadi sedikit jengkel karena adanya penurunan Performa/kualitas kinerja, baik dari segi waktu loading-nya yang lama juga terasa berat ketika digunakan untuk membuka sebuah aplikasi. Semua ini mungkin saja bukan disebabkan oleh hardware computer anda, namun lebih cenderung disebabkan oleh banyaknya aplikasi tak berguna yang telah terinstall di computer, apalagi ditambah lagi dengan kegemaran beberapa user yang suka mencoba setiap aplikasi baru yang didapatnya, sehingga akan seringnya terjadi proses install dan uninstall program yang akhirnya menyisakan banyak file-file sampah dan file registry yang tidak lagi digunakan oleh Windows.

Secara default System Operasi Windows tidak akan dapat membersihkan ataupun menghapus semua file sampah tersebut, sehingga membuat file-file tersebut akan menumpuk memenuhi harddisk computer dan akan selalu terbaca oleh Windows setiap kali anda menghidupkan computer, belum lagi kapasitas harddisk akan berkurang jumlahnya akibat banyaknya file-file tak berguna ini. Inilah salah satu penyebab mengapa computer anda menjadi menurun Performanya. Namun jika dicermati masih banyak kemungkinan penyebab menurunkan kualitas kinerja dari computer.

Bagaimana cara kita mengatasi permasalahan tersebut? Disini saya akan membagikan sedikit Tips, untuk meningkatkan kinerja computer anda, namun ada baiknya anda mem-backup terlebih dahulu semua settingan computer anda dengan cara membuat sebuah Restore Point di System Restore. Caranya masuk ke (Start) ==> (All Programs) ==> (Accessories) ==> (System Tools) ==> (System Restore), kemudian pilih Create A Restore Point, lalu klik OK. Ikuti semua langkahnya hingga selesai.


Sekarang ayo kita mulai Tips Untuk mempercepat kinerja Computer :


1). Pertama-tama lakukan bersih-bersih file Sampah atau File tak berguna lainnya.

Pilih (Start) ==> (Accessories)
==> (System Tools) dan (Disk Clean-Up).



2). Lakukan Defragmentasi Harddisk, dalam bahasa Indonesianya menata ulang file yang ada di Harddisk.
Lakukan dengan cara : Pilih (Start)
==> (Accessories) ==> (System Tools), dan klik (Disk Defragmenter).



3). Lakukan penghapusan terhadap Koneksi Jaringan yang sudah tidak digunakan lagi.
Caranya : Buka Windows Explorer. lalu pilih ( Tools ), kemudian klik pada (Disconnect Network Drive).

4). Minimalkan waktu Booting Computer
Caranya begini : Secara default, biasanya komputer akan memeriksa floopy terlebih dahulu. Rubahlah dengan masuk ke BIOS dengan menekan tombol (Del atau F2) pada keyboard setelah perhitungan memory (Bios Post) dilakukan. Lalu pada opsi (Firts Boot Device) pilihlah harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya “ firt hard disk” Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operating system disimpan, lalu simpan semua settingan dan Restat computer.

5). Disable Komponen yang tidak dipakai

Semua perangkat yang terpasang pada komputer akan memakan waktu booting. Oleh sebab itu matikan dengan klik kanan pada (My computer)
==> (Properties) ==> (hardware) lalu klik (Device Manager), kemudian pilih komponen yang tidak lagi terpakai dengan Klik kanan lalu pilih disable.



6). Kurangi Font

Jumlah font juga mempengaruhi proses booting. Pakai font yang diperlukan saja. Agar Font tidak hilang sebelum dihapus, anda bisa menyimpannya ke harddisk dengan membuatkan folder tersendiri, bila suatu saat dibutuhkan anda bisa kembalikan lagi. Untuk menghapus font Caranya : masuk (control panel)
==> (font) dan hapus Font yang tidak dibutuhkan.

7). Hilangkan Layar Loading ( Boot Screen )

Dengan menghilangkan layar loading, Anda juga dapat menghemat sedikit waktu booting. Caranya pilih menu (Run) pada (Start) menu, lalu ketikkan (msconfig), tekan (Ok). Setelah itu pada Tab (BOOT.INI) berikan tanda centang pada (/NOGUIBOOT). Perubahannya layar tidak menampilkan logo windows pada proses booting, hanya layar hitam.



8). Matikan Service yang tidak diperlukan
Sebaiknya service-service tersebut dimatikan caranya klik kanan pada (My Computer), pilih (manage). Lalu (Services and Applications). Pilih dan klik dobel service yang tidak diperlukan, kemudian pada dropdown box pilih Disable.



9). Kurangi Waktu Setelah Booting
Selesai booting, komputer ada proses pengenalan jaringan. Hal ini memakan waktu, bila Anda ingin segera menggunakan komputer dan komputer tidak terhubung dengan jaringan, maka caranya adalah mematikan fitur ini dengan cara masuk (My Computer), pilih (manage). Lalu (Services and Applications). Pada daftar (service), klik dua kali (Workstation). Kemudian pada dropdown box Star Up type pilih Disable.

10). Matikan StartUp
* Masuk start menu : (Start)
==> (All Programs) ==> (Startup) hapus semua item yang tidak diperlukan.

* Masuk (msconfig), caranya : (Start)
==> (Run) ketik msconfig, pilih tab (Startup), hapus semua centang yang tidak diperlukan.

* Bersihkan Startup di regedit, caranya : (Start)
==> (Run) ketik regedit, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows\CurrentVersion \Run hapus entry-entry yang tidak diperlukan

* Bersihkan juga startup pada :
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run



10).Matikan Indexs Sevices
Indexing Services adalah sebuah program kecil akan tetapi menggunakan memory computer lumayan besar. Terkadang dapat menganggu computer menjadi lebih berisik atau berbunyi dalam access harddisk. Fungsi Indexing Services adalah melakukan update daftar file computer, tujuannya untuk mempercepat kinerja PC dengan sistem dari pendaftaran index file. Jika anda tidak memerlukan pencarian file terlalu sering, Indexing Services dapat dimatikan dengan : masuk ke menu (Start) , klik (Settings) , klik (Control Panel), klik dobel (Add/Remove Programs), klik (Add/Remove Windows Components), hilangkan tanda centang pada (indexing services), lalu klik (Next).



11). Optimalkan Display Setting dengan cara menurunkan tingkat gambar atau mengurangi Animasi Windows
Windows dengan tampilan desktop keren memang menarik. Tetapi terlalu banyak gambar akan memakan sumber resource memory yang besar. Untuk mematikannya : masuk ke (Start), lalu klik (Settings ), klik (Control Panel) , klik (System), klik (Advanced), pilih (costume) hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus, Show shadows under mouse pointer, Show translucent selection rectangle, Use drop shadows for icons labels on the desktop, Use visual styles on windows and buttons, atau hilangkan saja tanda centang semuanya)



12). Mempercepat Browser Folder
Setiap kali menjelajahi folder, maka tampak kelambatan atau sedikit delay. Karena Windows XP sesaat akan mencari network file dan printer sementara membuka Windows Explorer. Untuk memperbaiki anda dapat mematikan fasilitas tersebut dengan : buka (My Computer) , klik pada (Tools) menu, klik pada (Folder Options), lalu klik pada (View) tab , hilangkan tanda centang pada (Automatically search for network folders and printers), lalu klik (Apply), terakhir klik (OK).



13). Mempercepat Tampilan Menu
Klik (start) menu, pilih (run), ketikkan (regedit), windows registry editor akan muncul, kemudian cari HKEY_CURRENT_USER\control panel\desktop, Klik ( menushowdelay ), lalu rubah valuenya dengan yang anda suka ( semakin kecil angkanya semakin cepat ). restart komputer.

14). Matikan System Restore

System restore bisa bermanfaat jika komputer bermasalah, akan tetapi semua restore point yg disimpan bisa memakan ruangan yg cukup besar di harddisk. System restore membebani computer karena selalu memonitor sistem, dengan mendisable system restore maka sebagian resorce bisa dialokasikan untuk hal yg lain. Caranya : masuk ke (Control Panel), Klik (System), klik (System Restore) tab, beri tanda centang pada (Turn off System Restore on All Drives), kemudiam klik (Ok).

15). Me-non-Aktifkan Microsoft System Sound

Secara default MS sound systems membuat komputer dapat mengeluarkan bunyi/bersuara ketika booting awal, shutdown, error, dll. Skenario suara windows jelas-jelas membuat kinerja komputer lebih lambat (terutama dalam waktu shutdown dan booting awal ), untuk me-non-aktifkan silahkan ikuti langkah berikut: Buka (Control Panel), Klik (Sounds and Audio Devices), Klik tab (Sounds), Pilih (No Sounds) dari Sound Scheme, Klik (No), Klik (Apply), Klik (OK).

16). Mempercepat Waktu Shutdown

Tweaking ini berguna untuk mengurangi waktu tunggu secara otomatis ketika windows sudah menerima instruksi untuk shutdown. Caranya :

* Klik (Start)
==> (Run), ketik (Regedit), cari dan temukan HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\ lalu pilih (WaitToKillAppTimeout), kemudian ubah Value menjadi 1000 dan Klik OK.

* Sama dengan yang pertama, Sorot di (HungAppTimeout), Ubah value menjadi 1000 dan klik OK.

* Kemudian cari dan temukan juga HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop, lalu sorot (WaitToKillAppTimeout), kemudian ubah value ke 1000, dan klik OK.

* Temukan juga HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\, lalu sorot pada (WaitToKillServiceTimeout) , kemudian ubah value menjadi 1000 dan Klik OK.


17). Membersihkan Prefeth File untuk meningkatkan performa Windows.

Link-link yg semakin menumpuk bisa memperlambat komputer anda secara signifikan. hapus isi directory/folder prefetch. Dengan cara masuk di c:windows/prefetch, dan bersihkan semuanya.

18). Hapus Icon chace.db
Icon di desktop mengunakan cache, dan ketika cache sudah menumpuk maka access dari desktop ke icon terasa sangat lambat. Yang perlu dilakukan adalah dengan menghapus Iconchace.db yg ada di directory (/Documents And Settings/Username/Local Settings/Application Data). Sebelumnya rubahlah tampilan dengan ( show hidden files ). Ketika anda menghapus, secara otomatis windows akan mengganti dengan yang baru.

19). Untuk membersihkan System Registry computer dari file-file registry yang sudah tidak terpakai, anda dapat memanfaatkan aplikasi khusus seperti misalnya : Ccleaner, Acleaner,
TweakNow RegCleaner, dan lainnya...! Demikian sedikit Tips untuk mempercepat kinerja computer anda yang mulai loyo, anda boleh untuk mencoba semua Tips di atas atau mencoba yang anda perlukan saja. Jika ada dari teman-teman yang ingin mengoreksi atau bahkan menambahkan, silakan tulis komentarnya, saya akan memerima dengan senang hati. Thanks.

Bagi kawan-kawan yang lagi butuh Antivirus Lokal...Asli Indonesia, bisa Diunduh di link di bawah ini :

  • Smadav Antivirus 8.2
    Download Disini Smadav 2010 Rev. 8.1 | Antivirus Lokal Indonesia

  • PC Media Antivirus (PCMAV) 3.0.2 - Ragnarok
    Download Disini PC Media Antivirus (PCMAV) 3.0.1 - Ragnarok Copyright (c) 2006-2010 Majalah PC Media Pinpoint Publications Group | Antivirus Lokal Indonesia




  • Artikel Terkait:



    Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


    38 komentar:

    BLoG kiTa said...

    Nah.. Informasi yang benar-benar saya perlukan.. save as dulu ya pak :)

    oh iya, terimakasih sudah memberi komentar di blog dofollow saya, ahyari.com ;)

    Anonymous said...

    Nice info... :D

    Apartment Software said...

    I get translate whole article in google translator and i have come to know about the actual points of this article, I must say it is very helpful, thanks...

    Celebrities & Fashion said...

    too much information, I must say thanks to oyu...

    Iraqi Dinar said...

    Hi friend, good artcile written, keep coming..

    Craigslist Search said...

    I am here by chance and I am happy to be here cool blog...

    Sites Like Youtube said...

    Saying thanks will not very soon be adequate, for the exceptional precision in your lettering. I will accurate away grab your RSS give food to exist in side by side of any up comings.

    Walmart Coupons said...

    Good post, thanks to admin for these informations.

    Anonymous said...

    :))

    Steve said...

    terima kasih banyak atas tips nya. semoga bisa mempercepat kinerja windows xp-ku

    Doraemon The Movie said...

    Mudah-mudahan dengan cara yang di atas komputer aku bisa menjadi lebih cepat lagi,, terima kasih ya infonya.

    SMARTPHONES said...

    tips nya untuk mempercepat kinerja windows xp ini oke banget... thanks ya gan...

    Nikmaya John said...

    Tipsnya sangat bermanfaat sob,.,,,

    QSEW said...

    tips yg sangat bagus... thanks yach ;)

    Linux Media said...

    tips yg amat membantu...
    trims udah di share...
    semoga windowsku bisa ngebut :)

    Enfermeras A Domicilio said...

    That's alluring! Wanted level explanation! When I perhaps even have done an excellent value determination in my online site! The reasons why morning my partner and I by using squeal set of scripts all around us!

    Psychotherapy London said...

    This over view will be persuading simple fact the exact best topic from this persistent expose. What I’m take harmony using your data all of which really anticipate one’s own about to occur enhancements.

    Craigslist Search said...

    Appreciate formulating a good article, since i happened on the web and concentrate numerous posts. Is incredibly good look of crafting

    Luxury Villa Rentals in Italy said...

    Bless you for formulating an excellent article, since i have happened onto your website and concentrate numerous posts. Is fantastic look of crafting?

    botiquin para empresa said...

    Your blog post rocks! Good job. Internet marketers really liked perusing the goods, it again isn't like the other entire one things which actually affects to read simple things through.

    personality disorder said...

    Reasonably awesome posting. It's comfortable and convenient install. Appreciate your sharing enjoying all of these businesses good sentences

    compare store prices said...

    I came across your site and browse some write-up. Nice types of posting i will have are given at the website again surface then again obviously

    scentsy products said...

    Appreciate your formulating a really decent article, my family and i happened on your web page and also several written piece. Is exceedingly good type publishing?

    guantes de vinilo said...

    Your blog site post rocks! Good job. Online really liked perusing goods, it again isn't including the other entire one things which actually affects to read simple things simple things through.

    Termometro digital said...

    I noticed your internet site and browse some write-up. Nice varieties of posting i can have have along the website again surface preference for you . obviously.

    eringas y agujas said...

    Appreciate your formulating an exceptionally decent article, our kids and i happened to your website page as well as several written piece. Is exceedingly good type publishing

    vendas elasticas said...

    Nicely I must say we walking on once in a while on line, being obtain instances i feel, thank you acquaintance

    botiquines de primeros auxilios said...

    I located your web blog and look at some write-up. Nice kinds posting i most certainly will have get for the website again surface it's not necessary to obviously.

    PR Boutique said...

    Hello there friend, I have to assert kudos when it comes to blogging an incredibly quality post, basically can certainly help others in many options

    Luxury Villa Rentals in Italy said...

    Your site post rocks!, congrats. Seriously considered experienced learning this task, an item was not much like another sort of software what is considered uncomfortable to discuss

    material medico sanitario said...

    You have to do good work buddy. I'm looking good blog/site for post my comment. Now I got it. I'm very happy to your blog/site.

    Termometro digital said...

    Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts

    Jeringas said...

    Not bad post. I just discovered your blog site and wished to state that I've got in fact really enjoyed browsing your blog post posts.

    Luxury Villa Rentals in Italy said...

    Your blog site post rocks! Good job. Nice working with every point in your blog, keep it up. Keep coming with new ideas, coming again soon

    scentsy consultant said...

    Gorgeous fantastic distribute. It will always be agreeable plus helpful submit. Many thanks for providing a lot of these ideal hunt ideas

    price check said...

    Nice post. I was inspection constantly this blog and I am daunted! Very useful in turn particularly the last part Smile I care for such in sequence much. I was looking for this fastidious information for a very long time. Thank you and best of luck.

    Grosir sprei Murah said...


    tips yg amat membantu...
    trims udah di share...

    Aussie said...

    membuang file-file yang tidak perlu itu penting, supaya windows kerjanya cepat.

    :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

    Post a Comment

    loading...