Thursday 6 May 2010

VirtualBox | Aplikasi Virtualisasi Untuk Install Operating System Di Dalam Operating System

Bagi anda yang saat ini lagi senang mencoba-coba atau mungkin sedang belajar berbagai jenis sistem Operasi, ada baiknya anda menginstall Sistem operasi Guest (Kedua dan seterusnya..) di atas sistem operasi primer (Host), dengan bantuan sebuah aplikasi Virtualisasi.

Melalui aplikasi Virtualisasi ini anda dapat memiliki berbagai macam sistem operasi yang akan berjalan bersamaan dengan sistem operasi utama yang terinstall di PC lokal, dengan kata lain sistem operasi tambahan ini akan terinstall secara virtual di dalam aplikasi virtualisasi yang terinstall di
computer anda.

Salah satu aplikasi Virtualisasi gratisan yang dapat di andalkan adalah VirtualBox. Walaupun bersifat gratisan, namun aplikasi ini sangat powerfull digunakan bagi semua kalangan user, baik home user ataupun interprise user. Selain itu aplikasi VirtualBox kaya akan fitur-fitur yang berperforma tinggi, dan sangat diminati oleh kalangan profesional sebagai solusi Virtualisasi OS yang Open Source di bawah lisensi GPL(General Public Lisense). Pada aplikasi Virtualisasi OS dikenal dua jenis Sistem Operasi yakni Host dan Guest Operating System.





Host disebut juga Local Mechine yaitu merupakan sistem Operasi dimana aplikasi Virtualisasi diinstall dan dijalankan.

Sedangkan Guest Operating System disebut juga sebagai Virtual Mechine adalah merupakan System Operasi yang diinstall dan berjalan melalui bantuan Software Virtualisasi tadi.


Aplikasi VirtualBox saat ini dapat berjalan dan di install pada Host yang ber-sistem Operasi Windows, Linux, dan Macintosh. Untuk pengguna Windows XP minimal sistem yang digunakan adalah Service Pack 2 dan sudah terinstall .Net Framework 2.0 dan Java runtime di dalamnya.

Sedangkan jenis Guest Operating System yang yang didukung oleh VirtualBox sangat kompleks dan tidak terbatas pada Windows saja (98, NT, 2000, XP, 2003, VISTA, 7) namun juga sudah mencakup DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 dan 2.6) dan Open BSD.

Bagi anda yang memerlukan panduan dalam instalasi dan penggunaan secara lengkap, anda dapat membaca sekaligus men-download Manual-nya dalam format PDF Disini!




Informasi :

Nama : VirtualBox 3.1.6

Size : 70.85 MB

Website : http://www.virtualbox.org/wiki/

Download : VirtualBox 3.1.6

OS : Windows XP/ VISTA/ 7, Linux, dan Macintosh
Blogged with the Flock Browser


Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


7 komentar:

Term Papers said...

I have been visiting various blogs for my term papers writing research. I have found your blog to be quite useful. Keep updating your blog with valuable information... Regards

Computer Room Monitoring said...

I am really impressed on the great coming on this amazing principle. It will be much easier to understand the complex in the simpler one. Thanks

reduce lower body fat said...

Berat apalikasi ini mas. reduce-lower-body-fat

toko bunga wonosobo said...

mnedukung windows dan linux juga, terimakasih infonya

septic tank biotech said...

bagus dan bermanfaat sekali ....

thx info y ea ,,,

biotech indonesia said...

coba nanti saya coba install ,, kaya y bagus ,,,,

Jenna Stuart said...

Appreciate thiss blog post

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

loading...