Friday, 12 March 2010

Tips Memperbaiki Computer Sendiri | Mati Atau Hang

U

ntuk mengatasi permasalahan umum yang sering di alami para pengguna computer semisal computer Hang dan computer tiba-tiba mati, Ada baiknya untuk para user mencoba memperbaiki computer-nya sendiri ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi user yang bisa memperbaiki computer nya sendiri, mungkin saja ini disebabkan oleh permasalahan yang sepele semisal karena kabel power yang kendor saja, atau bisa disebabkan karena memory computer yang kotor.
Disini saya berikan beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu anda dalam menganalisa penyebab kerusakan dari computer anda tersebut dan mencoba memperbaikinya sendiri.



Cobalah tips berikut apabila anda mengalami computer mati tiba-tiba atau hang sebelum bisa masuk ke System Operasi :




1). Coba periksa semua instalasi kabel-kabel powernya mulai dari kabel CPU yang menuju ke UPS atau Stavolt, kabel power yang menuju monitor,dan kabel monitor yang menuju CPU. Yakinkan semua kondisinya baik/tidak cacat serta pemasangannya sudah kuat ke kontak masing-masing.Yakinkan juga kondisi dari UPS/Stavolt anda bagus,jika kurang yakin coba gunakan UPS yang lain atau cobalah tancapkan kabel power secara langsung ke kontak listik di dinding rumah tanpa Stavolt.


2). Jika di computer anda terdapat CD/DVD Rom dan tray-nya bisa dibuka tutup dengan baik kemungkinan kerusakan ada pada CPU anda.Buka chasing CPU anda dan periksa pemasangan semua kabel power supply yang menuju Mainboard, yakinkan semuanya terpasang dengan kencang,yakinkan juga komponen power supply bekerja dengan baik jika ragu coba tes menggunakan power supply computer lain yang masih bagus.

3). Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan hasilnya masih nol, matikan semua arus listrik dan lepas kabel power,coba reset bios Motherboard anda,caranya bisa di dapat di buku panduan motherbord, jika tak ada manualnya biasanya reset BIOS dapat dilakukan dengan cara mencari jumper di dalam motherboard yang bercode Jumper1 [ j1 ] yang biasanya terdiri dari 3 pin [1-2-3] yang dihubungkan oleh sebuah konektor kecil. Untuk mereset-nya anda tinggal melepas dan memindahkan posisi dari konektor kecil ini, misalnya 3 pin tersebut adalah 1-2-3 dan pin 1-2 sudah terhubung maka untuk mereset anda tinggal melepas konektor dan memindahkannya ke posisi pin 2-3, biarkan sekitar 1 menit atau lebih ,setelah itu coba kembali nyalakan computer.

4). Jika langkah di atas sudah dilakukan dan computer masih belum menyala,coba lepaskan battery CMOS yang ada di Motherboard dan diamkan beberapa menit. Setelah itu coba pasang Battery CMOS yang baru dan coba nyalakan lagi computer anda.


5). Apabila Fan Prossesor dan Fan VGA berputar namun computer masih juga belum menyala, kemungkinan kerusakan terjadi pada IC BIOS Motherboard atau Motherboard memang sudah rusak.
coba lepaskan semua kabel hard disk dan kabel CD/DVD rom,kemudian lepaskan memory computer lalu bersihan terminalnya dengan penghapus pensil dan pindahkan ke slot memory yang lain atau gunakan memory computer lain yang masih bagus untuk mencobanya. Ulangi langkah ini beberapa kali.

6). Jika CPU sudah kelihatan bekerja ,harddisk berputar dan lampu LED indikator CPU berkedip-kedip,tetapi monitor tetap tidak menampilkan gambar ,maka kemungkinan VGA Card yang rusak, silakan coba pinjam VGA Card dari computer lainnya yang masih bagus untuk di coba atau coba tes VGA tersebut di computer lainnya.


7). Jika dengan semua tips di atas computer anda tetap tidak mau menyala, nah sekarang baru waktunya anda menyerah dan menyuruh orang lain yang lebih ahli untuk memperbaikinya.
Selamat mencoba semoga bermanfaat!





Blogged with the Flock Browser


Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


2 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment