Monday, 24 May 2010

Tips | Install Ulang Windows XP Tanpa Perlu Aktivasi

Apakah kamu menggunakan Windows original?, jika ya..pastikan tidak ada perubahan spesifikasi hardware jika kamu ingin meng-install ulang Windows computer kamu. Biasanya jika terjadi perubahan hardware pada saat pertama kali windows diinstall dengan yang sekarang, maka pada saat instalasi windows selanjutnya, windows akan meminta aktivasi kembali dan jika tidak segera diaktivasi maka windows original anda hanya berumur 30 hari saja. Windows original hanya bisa diinstall pada satu computer saja dan instalasi pada computer lain tentunya memerlukan aktivasi yang ujung-ujungnya sama dengan membeli windows baru.




Meskipun penerapan Product Activation ini dijadikan solusi bagi para pengembang program, namun cara ini bisa menjadi bumerang bagi pemilik lisensi software resmi. Mengapa? Karena, jika pemilik komputer tersebut melakukan instal ulang sistem operasi Windows setelah melakukan aktivasi, ia tidak dapat lagi mengaktifkan Windows untuk keduakalinya. Tapi, jangan bingung dengan permasalahan tersebut. Ada solusinya kok!

Ikuti langkah berikut sebelum Anda menginstal ulang Windows :

1). Klik [Start] ==> [All Programs] ==> [Accessories] ==> [Windows Explorer].

2). Buatlah sebuah folder baru, misalnya dengan nama backup pada drive D.

3). Masuklah ke folder C:\WINDOWS\system32\. Jika kamu menginstal Windows pada drive lain, kamu dapat menyesuaikannya dengan drive yang kamu gunakan.

4). Pada bagian kanan jendela akan muncul sebuah informasi yang menyatakan bahwa file yang ada pada folder tersebut pada kondisi hidden. Klik hyperlink [Show the contents of this folder] untuk menampilkan isi dari folder system32.

5). Setelah folder system32 terbuka, carilah file bernama wpa.dbl.

6). Copy file wpa.dbl tersebut ke folder yang sebelumnya telah kamu buat (D:\backup).

Jika kamu telah melakukan langkah-langkah di atas, sekaranglah saatnya kamu menginstal ulang Windows XP. Kamu dapat memformat harddisk dan melakukan “Fresh Install” dengan aman. Setelah Windows baru terinstal dikomputer kamu :

1). Restart komputer dan tekan tombol [F8] pada keyboard sesaat sebelum komputer masuk ke sistem operasi Windows.

2). Pilih [Safe Mode] untuk masuk ke mode “aman”.

3). Pada Safe mode, jalankan kembali Windows Explorer.

4). Masuklah ke folder di mana Anda menyimpan file backup wpa.dbl, kemudian copy-kan kembali file tersebut ke folder C:\WINDOWS\system32\.

5). Ketika file wpa.dbl kamu paste, akan muncul informasi bahwa file tersebut telah tersedia pada folder system32. Klik [Yes] untuk melakukan overwrite.

6). Langkah terakhir, restart Windows dan lihat, Windows XP tidak lagi meminta aktivasi!

Satu catatan penting untuk kamu, pastikan hardware yang kamu gunakan tidak ada yang berubah sebelum dan sesudah kamu menginstal ulang Windows. Jika kamu mengubah hardware pada instalasi Windows yang baru, kamu tidak bisa menggunakan trik ini.






Artikel Terkait:



Languages : English French German Spain Italian Dutch Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


3 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment